Alfamart Hibahkan 26 Unit Bak Sampah Untuk Pemda Malaka - Baomong.ID

Alfamart Hibahkan 26 Unit Bak Sampah Untuk Pemda Malaka

Alfamart Hibahkan 26 Unit Bak Sampah Untuk Pemda Malaka

Malaka,Pesonantt.com--Sebagai perusahaan yang peduli lingkungan, Alfamart hibahkan bak sampah berbahan drum sebanyak 26 unit pada Pemerintah Kabupaten Malaka untuk Tahap I.

Penyerahan bantuan lingkungan ini secara simbolis diterima langsung oleh Bupati Malaka, Simon Nahak, di halaman Kantor Bupati Malaka, Senin 19 Juni 2023.

Bupati Malaka Simon Nahak mengapresiasi langkah Alfamart dalam memberikan bantuan bak sampah untuk sampah organik dan anorganik dari bahan daur ulang drum.

"Problem sampah di daerah kami saat ini sangat urgen, itu sebabnya dengan adanya bantuan bak sampah ini kami ingin menggugah kesadaran masyarakat agar lebih tertib membuang sampah pada tempatnya dan langsung dipilah mana yang organik dan mana yang anorganik," jelasnya.

Menurut Simon, penanganan sampah tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah. "Masalah sampah ini adalah tanggungjawab kita bersama, hal paling sederhana dimulai dari kesadaran individu untuk menjaga kelestarian lingkungan," imbuhnya.

Corporate Communication Alfamart Ame Dwi Pramesti mengatakan, bantuan ini bagian dari Corporate Social Responsibility (tanggungjawab sosial perusahaan) yang sifatnya hibah.

"Kebetulan juga sesuai dengan pilar CSR Alfamart yakni Green and Clean Itu sebabnya usulan dari pemda ini sangat kami dukung. Untuk tabap I kita serahkan 26 unit, untuk tahap II nanti menyusul sesuai kebutuhan," katanya.

Alfamart telah menjalankan konsep go green sejak 5 tahun terakhir, ini diawali dengan kampanye stop kantong plastik di sejumlah daerah yang diperkuat dengan Peraturan Daerah.

"Di beberapa daerah sudah zero kantong plastik, dan Alfamart sejak lama telah menyediakan kantong belanja ramah lingkungan dari bahan kain spun bond," imbuhnya.

Tak hanya itu, di lingkungan internal perusahaan juga menggalakkan aksi membawa botol air minum sendiri sehingga mengurangi sampah plastik air mineral kemasan. Selain itu, di 21 kantor cabang Alfamart telah menggunakan solar panel sebagai pengganti listrik.

Di Kabupaten Malaka, sejak 8 Maret 2023 hingga saat ini, Alfamart telah mengoperasikan 5 gerainya, yakni di Wehali, Webriamata, Kamanasa, Betun, dan Haitimuk (.Gonza.)