Memeriahkan HUT Bhayangkara ke-77, Polres Malaka Gandeng Percasi Gelar Turnamen Catur - Baomong.ID

Memeriahkan HUT Bhayangkara ke-77, Polres Malaka Gandeng Percasi Gelar Turnamen Catur

Memeriahkan HUT Bhayangkara ke-77, Polres Malaka Gandeng Percasi Gelar Turnamen Catur

Kupang, Pesonantt.com-- Guna memeriahkan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-77 Kepolisian Resort Malaka (Polres) Malaka bekerjasama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Malaka menggelar turnamen catur.

Turnamen catur yang diselenggarakan Percasi Kabupaten Malaka bekerjasama dengan Polres Malaka menggunakan pola Swiss System dimana format yang memadukan round robin dan knock-out. Dalam Swiss System, tidak ada satu pun peserta yang dinyatakan gugur, persis dengan sistem Round Robin.

Kapolres Malaka AKBP Rudi Junus Jacob Ledo, SH.,S.I.K saat ditemui media ini, Rabu 21 Juni 2023 dilokasi pelaksanaan turnamen catur di halaman Makopolres Malaka mengatakan turnamen catur yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke-77.

"Selain untuk memeriahkan HUT Bhayangkara ke-77 turnamen ini juga sebagai upaya untuk mendekatkan kepolisian dengan masyarakat. 

Karena sebenarnya kehadiran Polri tidak bisa bekerja sendiri dan tentunya harus berkolaborasi dengan masyarakat,"ujar Kapolres Rudy Ledo.

Tutur Kapolres Rudy Ledo, Polres Malaka menggelar kegiatan turnamen catur karena kegiatan ini lebih kepada saling mengadu strategi dan pemikiran strategi. 

"Itu bisa kita terapkan dalam kegiatan tugas sehingga kita lakukan kegiatan ini,"jelas Kapolres Rudy Ledo.

Kapolres Rudy Ledo juga meminta kepada para peserta turnamen catur untuk tetap menekuni bakatnya sebagai atlet catur.

"Karena setiap kegiatan yang dilakukan dengan niat yang baik tentu akan ada manfaatnya serta tetap menjaga solidaritas dan sportivitas.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua peserta turnamen catur yang sudah berpartisipasi dalam memeriahkan HUT Bhayangkara ke-77 ini,"ucap Kapolres Rudy Ledo.

Sementara, Ketua Percasi Kabupaten Malaka Wendelinus Un mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Malaka yang sudah menginisiasi dalam pelaksanaan turnamen catur perdana di Kabupaten Malaka.

"Ini menjadi pemicu bagi Kabupaten Malaka dalam pembinaan atlet-atlet catur. Kita harapkan ini menjadi pemicu bagi kita dengan kehadiran Percasi yang usianya masih belia,"ucap Wendelinus Un.

Lanjut Wendelinus Un, turnamen perdana di Kabupaten Malaka ini sangat berkualitas karena menghadirkan wasit Nasional dan wasit pratama Nasional serta dua master Nasional dan master Percasi.

"Kita berharap agar turnamen ini dapat memberikan motivasi terhadap calon-calon atlet catur Kabupaten Malaka untuk terus mematangkan diri untuk terlibat dalam turnamen catur di kancah yang lebih tinggi,"ungkap Wendelinus Un.

Hal yang sama disampaikan Sekertaris Percasi Kabupaten Malaka Yanuarius Yanto Bria bahwa animo masyarakat dalam mengikuti turnamen kali ini masih sangat sedikit.
 
"Dengan adanya kegiatan turnamen catur yang diselenggarakan oleh Percasi bekerjasama dengan Polres Malaka maka kita dari Percasi Kabupaten Malaka dengan berbagai cara dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi ajang PON untuk kejuaraan catur Nasional,"ujar Yanto Bria.

Sekertaris Percasi Kabupaten Malaka ini juga mengajak seluruh elemen masyarakat yang mencintai catur terlebih para junior yang berada pada jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA untuk bergabung dalam Percasi Kabupaten Malaka.

"Hal ini untuk meningkatkan kualitas dalam bermain catur untuk terlibat dalam kejuaraan turnamen lokal tingkat Kabupaten, Provinsi maupun secara Nasional,"ungkapnya.

Sementara itu Anton Baluk Wasit Nasional pada kesempatan itu mengaku sangat bangga dengan Percasi Kabupaten Malaka yang bekerjasama dengan Polres Malaka sehingga turnamen ini dapat berjalan dengan baik.

"Saya sangat bangga dengan Percasi Kabupaten Malaka. Saya pikir ini menjadi satu motivasi untuk NTT dimana PON 2028 kita tuan rumah dan cabor catur akan dilaksanakan di NTT.

Oleh karena itu mulai sekarang masing-masing Kabupaten/Kota sudah harus mempersiapkan atlet caturnya untuk siap bertanding pada PON mendatang,"ujar Anton Baluk.

Lanjut Wasit Nasional itu, pada bulan Agustus mendatang akan dilakukan seleksi pra PON untuk zona wilayah Indonesia Timur di Maluku untuk PON di Ace dan Medan.

"Jadi kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk Percasi Kabupaten Malaka untuk meningkatkan prestasi khususnya atlet catur,"ungkapnya (.Gonza.)